-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bocoran Materi CPNS 2024 Lengkap, Segera Pelajari Agar Lolos Seleksi!

Monday, January 30, 2023 | January 30, 2023 WIB | 0 Views

Materi CPNS 2023
 

Siapa yang sudah menantikan pendaftaran seleksi CPNS? Kabarnya, pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) akan dibuka pada pertengahan tahun 2023 ini. Sebelum pendaftaran dibuka, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan mempelajari materi CPNS 2023.

Beredar kabar pula bahwa pendaftaran seleksi CPNS dibuka pada tanggal 30 Juni-21 Juli 2023, sementara hasil seleksi administrasi pada tanggal 28-29 Juli 2023. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rencananya akan diumumkan pada tanggal 17-18 Oktober 2023.

Diketahui, pemerintah memang telah menargetkan seleksi akan dibuka pada Juni 2023, bersamaan dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun hingga saat ini, belum dapat dipastikan apakah informasi tersebut valid atau tidak. Namun, bagi kamu yang berencana untuk mengikuti pendaftaran seleksi CPNS tahun ini, pastikan kamu bersiap mulai sekarang. Termasuk mempelajari materi CPNS 2023 yang akan dibagikan dalam artikel ini.

Materi CPNS 2023

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menjelaskan, bahwa tes CPNS dibagi ke dalam 2 tahapan, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), di mana SKD terdiri atas 3 bagian.

Untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), soalnya terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Sementara untuk SKB, tes ini akan menilai kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar, disesuaikan dengan kompetensi bidang yang dibutuhkan oleh formasi jabatan yang dipilih pelamar.

Kedua tahapan tes CPNS 2023 ini juga menjadi salah satu dasar penilaian di seleksi tahun sebelumnya. Rencananya, tes akan digelar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh BKN.

Sebagai tambahan, materi soal seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2023 akan berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB (PermenPANRB) yang biasanya diterbitkan menjelang seleksi.

Seleksi CPNS terakhir kali digelar pada 2021 lalu, yang mana materi ujian mengacu pada PermenPANRB Nomor 27/2021 tentang Pengadaan PNS. Materi meliputi kisi-kisi soal TWK, kisi-kisi soal TIU, dan kisi-kisi soal TKP, sedangkan SKB akan menyesuaikan dengan instansi terkait.

Sementara itu, beberapa waktu yang lalu Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni juga sempat menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan tim khusus lintas kementerian untuk membuat soal tes seleksi.

Seleksi CASN 2023 kali ini akan menyediakan lebih banyak formasi dari tahun sebelumnya karena dibuka untuk seluruh kebutuhan formasi, yaitu CPNS dan PPPK. Seleksi ini juga terbuka untuk umum, tidak hanya untuk para calon dari sekolah kedinasan, atau khusus tenaga kesehatan, maupun tenaga pendidikan.

Memiliki persiapan yang matang, termasuk dengan mempelajari materi CPNS 2023 dengan sungguh-sungguh tentunya akan membantu kamu agar lebih mudah dalam menghadapi seleksi CPNS nanti. Semangat, ya!

Copas dari https://www.suara.com/news/2023/01/30/123000/bocoran-materi-cpns-2023-lengkap-segera-pelajari-agar-lolos-seleksi

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update