-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

WHO Ungkap 291 Pasien Masih Dirawat di RS Al-Shifa Gaza, 32 Bayi Kritis

Sunday, November 19, 2023 | November 19, 2023 WIB | 0 Views

 

WHO mengatakan masih ada 25 petugas kesehatan dan 291 pasien, termasuk 32 bayi, di Rumah Sakit al-Shifa Gaza, usai dilakukan evakuasi terhadap sejumlah orang. Sebanyak 32 bayi tersebut dalam kondisi kritis.

Tim penilai kemanusiaan yang dipimpin WHO pada hari Minggu memberikan rincian terkini mengenai kondisi setelah kunjungan ke fasilitas tersebut.

"Pasien termasuk 32 bayi dalam kondisi sangat kritis, dua orang di dalam perawatan intensif tanpa ventilasi, dan 22 pasien dialisis yang aksesnya terhadap pengobatan yang menyelamatkan nyawa sangat terancam," kata WHO dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Jazeera, Minggu (19/11/2023).

"Sebagian besar pasien adalah korban trauma perang, termasuk banyak pasien yang mengalami patah tulang dan amputasi kompleks, cedera kepala, luka bakar, trauma dada dan perut, dan 29 pasien dengan cedera tulang belakang serius yang tidak dapat bergerak tanpa bantuan medis. Banyak pasien trauma mengalami luka infeksi parah karena kurangnya tindakan pengendalian infeksi di rumah sakit dan tidak tersedianya antibiotik," sambungnya.

Tim WHO mengatakan selama dua hingga tiga hari terakhir beberapa pasien meninggal dunia akibat penutupan layanan medis. WHO menyampaikan saat ini tengah dilakukan upaya evakuasi terhadap sisa pasien ke Kompleks Medis Nasser dan Rumah Sakit Gaza Eropa di selatan Gaza. Namun rumah sakit di bagian selatan Gaza juga telah mengalami overkapasitas.

"Tetapi 'rumah sakit ini sudah bekerja melebihi kapasitasnya, dan rujukan baru dari Rumah Sakit Al-Shifa akan semakin membebani staf dan sumber daya kesehatan mereka'" katanya.

Diketahui, sebagian besar staf, pasien, dan pengungsi di Al-Shifa telah meninggalkan fasilitas tersebut pada hari Sabtu. Staf rumah sakit melaporkan bahwa mereka diperintahkan untuk dievakuasi oleh militer Israel.

Sementara para pejabat Israel membantah memaksa orang meninggalkan rumah sakit.

Direktur Rumah Sakit Al-Shifa, Muhammad Abu Salmiya, sebelumnya mengatakan kepada Al Jazeera banyak orang pergi dengan berjalan kaki tetapi 'pasien yang tidak dapat bergerak, diamputasi, dan mereka yang dalam kondisi kritis' terpaksa tetap tinggal bersama segelintir staf medis

Copas dari https://news.detik.com/internasional/d-7044898/who-ungkap-291-pasien-masih-dirawat-di-rs-al-shifa-gaza-32-bayi-kritis

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update